Sabtu, 08 Oktober 2016

Sistem Reproduksi Pada Hewan Vertebrata dan Invertebrata

Setipa makhluk hidup mempunyai sistem reproduksi yang berbeda-beda. Begitu juga dengan sistem reproduksi pada hewan. Terdapat dua cara hewan dalam berkembangbiak yaitu secara aseksual dan seksual.
sistem reproduksi pada hewan vertebrata


Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan sistem reproduksi pada hewan.

1. Sistem Reproduksi pada Hewan Invertebrata

Pada hewan invertebrata (hewan tak bertulang belakang), reproduksinya terjadi melalui dua cara, yaitu:

a. Perkembangbiakan Aseksual

Aseksual adalah cara berkembang biak tanpa bertemunya sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Perkembangbiakan dengan cara ini terjadi pada hewan yang tidak mempunyai tulang belakang (avertebrata). Cara berkembang biaknya terjadi dengan cara:
  • Membelah diri, yaitu dengan cara membelah diri dari satu sel menjadi dua sel. Contoh hewan yang melakukan ini adalah Protozoa.
  • Fragmentasi, yakni dengan cara memisahkan sebagian sel dari satu koloni menjadi koloni sel baru. Contohnya pada Volvox
  • Sporulasi, contohnya pada Plasmodium saat fase oosit. 
  • Membentuk tunas, contohnya pada hewan Hydra dan Porifera.
  • Regenerasi, artinya memisahkan sebagian tubuh terpisah yang selanjutnya tubuh tersebut membentuk menjadi individu baru. Contohnya pada planaria dan bintang laut.

b. Perkembanngbiakan Seksual

Perkembangbiakan seksual terjadi dengan dua cara yaitu:
  • Tanpa melalui pembuahan, ini terjadi pada peristiwa partenogenesis. Sel telur masuk tanpa dibuahi bisa tumbuh menjadi individu baru. Contohnya pada lebah jantan dan semut jantan.
  • Melalui pembuahan, cara ini dibedakan lagi menjadi 2 :
  1. Konjugasi, yaitu peristiwa tansfer bahan genetik dari satu individu kepada individu lainnya. Cara ini terjadi pada hewan bertulang belakang yang belum jelas alat kelaminnya. Contohnya pada Paramecium.
  2. Anisogami, yakni leburnaya dua sel kelamin yang tidak sama besarnya. Contohnya peleburan sperma dan ovum di dalam rahim.

2. Sistem Reproduksi pada Hewan Vertebrata

Hewan vertebrata atau bertulag belakang hanya bisa berkembang biak dengan cara seksual, di mana reproduksi terjadi dengan cara bertemunya sel kelamin jantan dengan sel telur betina. Pada hewan vertebrata, pembuahan bisa terjadi dengan dua cara, yaitu pembuahan yang terjadi di luar tubuh dan yang terjadi di dalam tubuh.

Perkembangbiakan pada hewan bertulamg belakang dapat dibedakan menjadi 3:
  • Ovipar, yaitu cara berkembang biak dengan cra meletakan telur di luar tubuhnya. Embrio berkembang di dalam telur diamana suplai makanan berasal dari cadangan makanan dalam telur. Contohnya ikan, burung, reptil dan lain-lain.
  • Ovovipar, yaitu hewan yang menghasilkan telur dan benih berkembang di dalam telur, Yang membedakan dari ovipar adalah, hewan ovovipar tidak mengeluarkan telurnya. Sehingga embrio akan tetap tumbuh di dalam telur namun tetap berada di dalam tubuh sang induk. Contohnya pada ikan hiu, kadal dan paa sebagian ular.
  • Vivipar, yaitu hewan vertebrata yang melahirkan anaknya. Prosesnya hampir sama dengan manusia, dimana embrio berkembang di dalam rahim induk.
Demikian penjelasan mengenai sisitem reproduksi pada hewan, semoga bisa diambil manfaatnya dan jangan lupa share.

1 komentar:

  1. saya sangat terbantu untuk mengajari anak saya dengan adanya materi ini yang di lengkapi denan gambar dan contoh hewannya

    BalasHapus