Senin, 10 Oktober 2016

Morfologi Ikan Mas dan Habitatnya

Ikan mas juga disebut juga dengan ikan karper. Ikan ini memliki nama latin Cyprinus carpio. Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang bernilai konsumsi tinggi dan persebarannya sudah meluas di seluruh Indonesia.
morfologi ikan mas
ngapak.net

Menutut data, ikan mas masuk ke Indonesia dimulai sekitar tahun 1920-an. Ikan ini dibawa dari negara Cina, Eropa dan Jepang.

Ikan mas yang ada di Indonesia sperti ikan mas punten dan ikan mas majalaya merupakan hasil dari persilangan dan seleksi.

Ikan mas memiliki klsaifikasi ilmiah sebagai berikut :

Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Cypriniformes
Genus : Cyprinus
Spesies : C. carpio

Morfologi Ikan Mas dan Penjelasannya


Secara morfologis ikan mas mempunyai bentuk tubuh yang memanjang dan bermipih teegk. Letak mulut berada di ujung tengah dan bisa disembulkan. Terdapat dua pasang sungut yang terletak di bagian anterior mulut.
Secara umum, tubuh ikan mas ditutupi dengan sisik.Namun ada beberapa jenis yang sisiknya hanya menutupi sebgaian tubuh. Seperti jenis ikan mas kaca.

Habitat Ikan Mas


Ikan mas sangat menyukai tempat yang airnya dangkal dan arusnya tidak terlalau deras. Suhu yang dibutuhkan agar ikan mas bisa berkembang dengan baik yaitu sekitar25-30 derajat celcius.

Ikan mas akan memakan tumbuhan dan bianatang remik yang hidup didasar perairan atau danau. Ikan ini termasuk jenis ikan pemakan segalanya.

Ikan Mas Sebagai Sumber Makanan


Ikan mas termasuk jenis ikan yang dibudidayakan. China menjadi penyumbang terbesar dalam produksi ikan mas dunia yaitu sekitar 70%.  Seperti yang kita tau, ikan merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak protein. Di mana protein ini berfungsi dalam perkembangan otak kita.Maka dari itu, ikan mas menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia.

Jenis-jenis Ikan Mas


Secara umum ikan mas dikelompokan menjadi dua:
  1. Ikan mas konsumsi, terdiri dari ikan mas punten, ikan mas sinyonya, ikan mas taiwan, ikan as merah ikan mas majalaya, ikan mas yamato dan ikan mas lokal.
  2. Ikan mas hias, terdirin dari ikan mas koi, ikan mas kumpay, ikan mas kancra domas, ikan mas kanca dan ikan mas fancy 
Demikianlah artikel tentang morfologi ikan mas beserta jenis-jenisnya. Semoga bisa menambah wawasan kamu. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar