Jumat, 07 Oktober 2016

Jenis-jenis Serangga dan Gambarnya

Serangga atau insekta merupakan salah satu hewan dari anggota filum Arthropoda. Serangga ini bia kita temukan dengan mudah, baik di rumah, kebun, dan lain-lain. Ada banyak sekali jenis-jenis serangga yang bisa kita temukan di sekitar kita. Misalnya kecoa, lalat, laba-laba,belalang dan sebagainya.


Berikut ini saya ulas 10 macam-macam serangga lengkap dengan gambarnya.

1. Kumbang



Kumbang mempunyai nama latin Coleopetra. Kata Coleopatra berasal dari bahasa Yunani yang artinya sayap berlapis. Kumbang termasuk serangga yang tingkat penyebarannya luas. Sehingga kita bisa dengan mudah menemukan serangga ini seperti di semak-semak atau pun pepohonan,

Makanan utama kumbang adalah bangkai dan sisa-sisa tumbuhan mati.

2. Semut

jenis jenis serangga | semut

Semut termasuk ke dalam keluarga Artopoda. Habitat semut sangat luas, hampir di seluruh dunia terdapat hewan kecil ini. Cara hidup semut yaitu dengan cara berkoloni, dimana dalam setiap koloni terdapat semut penjaga, pekerja, semut pejantan dan satu semut sabagai pemimpn yaitu ratu.

Walaupun badannya kecil, semut merupakan hewan terkuat di dunia. Semut jantan mampu menangkat beban yang beratnya 50 kali dari berat badannya. Amazing!!

Morfologi semut dibagi menjadi 3, yakni kepala, dada dan perut.

3. Nyamuk

jenis jenis serangga dan gambarnya

Nyamuk masuk ke dalam ordo Dipetra. Serangga penghisap darah ini memiliki dua sayap bersisik, tubuh ramping dan 3 pasang kaki panjang. Oya, untuk nyamuk jantan tidak menghisap darah. Dia akan menghisap madu atau cairan nektra bunga.

Nyamuk betina menghiap darah untuk tujuan pembentukan telur. Sang betina juga memiliki alat reseptor, yaitu sebuah sensor suhu dan kelembaban yang letaknya berada di bagian bawah perut. Alat ini berfungsi untuk mengerami telurnya.

Siklus hidup nyamuk tidaklah lama, mereka hanya hidup di bumi sekitar 1 bulan saja.

4. Lebah

jenis jenis serangga | lebah

Yang ke empat adalah lebah. Serangga penghasil madu ini biasa kta lihat di perkebunan dan ada juga yang dibudidayakan. Lebah memiliki sirklus hidup dari telur ke larva dan berubah menjadi pupa lalu menuju dewasa.

5. Kupu-kupu

jenis jenis serangga | kupu-kupu

Saya yakin kamu pasti suka dengan serangga satu ini. Bentuk tubuhnya yang cantik dan corak warna sayapnya yang unik membuat setiap orang menyukainya. Serangga ini digolongkan ke dalam ordo Lepidopetera. 

Kupu-kupu aktif bergerak maencari makan pada siang hari. Siklus hidupnya dimulai dari larva berubah menjadi kepompong lalu dewasa.

6. Ngengat

jenis jenis serangga | ngengat

Ngenngat masuk kedalam ordo Lepidopetra. Sekilas ngengat mirip dengan kupu-kupu, namun mereka memeiliki perbedaan terutama pada bentuk fisik dan waktu aktifnya. Warna fisik ngengat lebih gelap dan sayapnya pendek, sedangkan waktu aktifnya ketika mataharu sudah tebenam.

Perbedaan juga terletak pada nilai estetikanya. Ngengat di anggap sebagai hama yang merusak tanaman, contohnya yang terjadi Amerika Serikat yaitu sebuah hutan rusak parah yang diakibatkan oleh serangga kecil tersebut.

7. Kumbang Tanduk

jenis jenis serangga | kumbang tanduk

Saya yakin pasti kamu tahu dengan kumbang satu ini. Serngga ini biasa ditemukan pada pohon yang telah mati, misalnya pada pohon kelapa dan palem. Kumbang tanduk jantan dan betina bisa dibedakan dengan melihat panjang tanduknya. Kumbang jantan memeliki tandunk yang panjang dan melengkung, sedangkan yang betina hanya berupa tonjolan.

8. Pinjal

jenis jenis serangga | pinjal

Saya rasa jenis serangga ini banyak yang belum tahu, karena ukurannya yang kecil. Hewan ini termasuk jenis serangga parasit. Hewan ini hidup menempel pada hewan dan ada beberapa pada manusia. Mereka akan menghisap darah dan inang yang dihinggapinya.

Serangga ini tidak mempunyai sayap, namun memiliki kaki yang sangat kuat untuk melompat dari satu inang ke inang lainnya. Pinjal termasuk serangga yang berbahaya karena bisa menyebabkan alergi dan radang kulit.

9. Lalat

jenis jenis serangga | lalat

Banyak yang menganggap serangga ini adalah serangga yang menjijikan. Karena kebiasaannya yang memakan kotoran-kotoran hewan. Secara kasat mata, lalat mempunyai dua sayap untuk terbang, bertubuh kecil dan ramping. Pada bagian kepalanya terdapat mata majemuk, mulut, sungut dan Ocelli.

10. Kecoa

jenis jenis serangga | kecoa

Sama seperti semut, hampir diseluruh dunia dapat ditemukan kecoa kecuali di daerah kutub. Kecoa masuk ke dalam ordo Blattodea. Panajng tubuh kecoa di setiap negara berbeda-beda. Sperti kecoa di Amerika panjang tubuhnya 3 cm sedangkan bagian eropa dan Asia hanya 1,5 cm. Serangga satu ini juga disebut sebagai hama yang merusak terutama bahan bangunan.

Nah, itilah 10 jenis-jenis serangga beserta pejelasannya. Semoga bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar