Sabtu, 08 Oktober 2016

Jenis-jenis dan Morfologi Belalang Beserta Gambarnya

Belalang merupakan salah satu jenis dari keluarga serangga. Binatang ini banyak ditemukan di ladang, sawah dan kebun. Belalang mempunyai banyak sekali jenis yang habitatnya banyak tersebar di seluruh dunia.
morfologi belalang


Untuk postingan kali ini saya akan menjelaskan jenis-jenis dan morfologi belalang.

Jenis-jenis Belalang Beserta Gambarnya


1.Belalang Kayu


Belalang kayu memiliki ciri fisik tubuhnya yang berwarna cokelat. Belalang kayu di kelompokan ke dalam ordo Orthopera. Habitatnya biasa kita temukan di phon jati, turi dan ketela. 

Belalang kayu memiliki klasifikasi sebagai berikut :
Kingdom = AnimaliaFilum = ArthropodaKelas = InsektaOrdo = OrthopedraKeluarga = CrididaeGenus = ValangaSpesies = Valanga Nigricornis

 2. Belalang Sembah


Siapa sih yang tehau jenis belalang ini? belalang dengan ciri tangannya yang mirip dengan orang berdoa ini sering kita jumpai di sawah. Apalagi pas musim panen datang. Disebut juga dengan walang keke, walang engcorang dan mentadak.

Dalam bahasa inggris, belalang sembah memiliki nama praying mantis. Belalang sembah masuk kedalam hewan karnivora, karena makanannya berupa serangga seperti jangkrik, lebah, kupu-kupu dan lain-lain.

Dalam hidupnya, belalang sembah jantan hanya sekali melakukan perkawinan karena sang betina akan memakan kepala sang jantan sesaat setelah melakukan perkawinan.

3. Belalang Hijau


Dari namanya pasti kamu sudah tahu warna dari belalang ini :D . Serangga ini termasuk ke dalam golongan ordo orthopera. Dalam siklus hidupnya, belalang hijau mengalami proses metamorfosis tidak sempurna. Pada musim panas atau musim kemarau datang, belalang ini mampu merubah warna tubuhnya menjadi cokelat.

4. Belalang Daun


Belalang daun memiliki kemampuan berkamuflase layaknya daun. Ini berkat adanya pembuluh arah yang mirip dengan serat-serta daun. Panjang tubuhnya sekitar 4-7 cm untuk yang betina dan yang jantan bisa mencapai 9 cm. Belalang ini masuk kategori hewan pemakan tumbuhan. Musuh alaminya yaitu burung, amphibi dan reptile. Habitatnya berada di daerah tropis seperti Jawa, Malaysia dan Singapura. 

5. Belalang Batu


Jenis belalang ini berbeda dengan jenis belalang lain. Terutama pada warna dan corak tubuhnya. Seluruh tubuhnya dilapisi warna abu-abu dengan bercak hitam dan putih. Panjang tubuh belalang batu sekitar 2,5 cm.

Belalang ini dikenal sebagai belalang yang pendiam dan tergolong jinak. 

Morfologi Belalang


Tubuh belalang mempunyai 3 bagian yaitu kepala, dada dan perut. Memiliki tiga pasang kaki, 4 sayap dan dua antena. 
Belalang mempunyai klasifikasi ilmiah sebagai berikut :


Kerajaan : Animalia
Filum : Arthropoda
Kelas : Insecta
Upaordo : Caelifera


Makanan Belalang 


Secara umum belalan akan memakan berbagai jenis rumput. Namun beberapa jenis memakan serangga seperti belalng sembah. Belalang sering di sebut sebgai hama tanaman karena kebiasaannya menyerang tanaman petani seperti padi, jagung, pisang dan lain-lain. 

Itulah penjelasan tentang jenis dan morfologi belalang yang bisa kamu jadikan referensi. 

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar